Profesi IT dan Prospek Bisnis dengan CRM

Perkembangan teknologi dan informasi sudah berkembang, dimana informasi mudah didapat dengan mengunakan teknologi-teknologi baru yang sangat cangih. Perusahaan berkembang pun memiliki peranan penting dalam berbisnis dengan mengunakan tenaga profesional IT, tidak hanya perusahan kecil, perusahaan menegah, perusahaan besar, bangsal pasar dan juga pemerintahan juga telah mengunakan para pekerja IT. Perkembangan didunia teknologi membawa dampak positif dan negatif bagi dunia bisnis, untuk perkembangan positif dari perkembangan dunia IT bisa dilihat dengan mudah contoh : mudahnya mendapatkan informasi dari internet, prediksi / analisa pasar dari aplikasi CRM / SCM yang bisa mengkontrol lonjakan permintaan pasar, mempermudah mendapatkan barang dari market online, kemudian dampak negatif dari perkembangan IT : banyaknya pengurangan pegawai yang dapat digantikan oleh mesin otomatis, mudahnya penipuan dari market online, mudahnya anak2 mengakses konten yang tidak tepat dan banyak lg. Banyak bisnis yang mampu dilakukan oleh para pengguasa IT seperti bidang develover bisnis yang dilakukan pembuatan aplikasi bisnis dan web, teknikal suport bisnis yang dilakuan pemasangan jaringan ISP dan internet sharing, dan lain lain. Saya akan membahas Profesi IT sebagai Programmer dan bisnis CRM online pada sebuah perusahaan berkembang.

Mengenal profesi sebagai programmer

Seorang yang berprofesi sebagai programmer adalah seorang yang bertugas dalam hal rincian implementasi, pengemasan, pembuatan dan modifikasi algoritma serta struktur data, dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu yang membentuk suatu kesatuan dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi atau data. Atau secara mudahnya Programmer adalah seorang yang bekerja di bidang software enginer, dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang programer adalah sebagai berikut :

  • Menguasai dan mengerti alur bahasa pemrograman seperti php, C++/G++/J++, Visual Studio, ASP, Java, Framework, dll
  • Mampu memilah, membuat algoritma, dan menganalisa masalah
  • Mempunyai sikap & kepribadian baik, komunikatif, mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, cekatan & fleksibel
  • Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur pekerjaan multiple project danbekerja sama dalam team

Sedikit ulasan Mengenai CRM

Pengertian CRM ( Coustomer Relationship Management ) yaitu sebuah sistem informasi yang terintegrasi dengan baik serta digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas penjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).

 

Apa keuntungan CRM ?

Banyak sekali keuntungan dari sebuah sistem informasi CRM, dengan sistem infomasi ini kita di permudahkan dalam mendapakan informasi, perkiraan, perencanaan, mejadwalkan serta mengendalikan aktifitas-aktifitas yang terjadi pada organisasi atau perusahaan. Contoh secara umumnya CRM mengambil peranan cukup besar misalkan dalam hal perencanaan : seperti yang kita ketahui mini market bisa berkembang dengan pesat di indonesia lalu bagaimana prediksi untuk stock barang dengan permintaan pasar, mini market besar saat ini pasti memiliki kartu member yang berguna untuk melihat gaya beli masyarakat atau perorangan contoh kita biasa membeli produk a dengan jumlah x dan produk b dengan jumlah y dengan data tersebut bisa apa yang kita beli dan jumlah berapa serta pada tanggal berapa kita membutuhkan barang tersebut yang dilihat statistik member dari hari, bulan sampai tahun. jadi statistik ini akan menjadi data yang digunakan untuk prediksi barang untuk stock. Dan masih banyak lagi contoh yang dapat diambil dari sebuah sistem informasi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Peranan IT dalam melihat prospek bisnis

Dikarenakan peranan IT yang ingin memudahkan proses berbisnis dan dapat memperkecil kemungkinan kerugian yang akan didapat, maka para pakar IT membuat suatu sistem informasi CRM yang pertama kali oleh Eli Lilly & Company, sebuah perusahaan farmasi yang sales-force automation, call center dan beberapa aplikasi software dari Siebel untuk mendukungusahanya dalam rangka memperkenalkan merek produk obat yang dipasarkan. Menurut Roy Dunbar,Chief Information Officer perusahaan Eli Lilly & Company. Kemudian hingga saat ini CRM selalu berkembang hingga sesuai dengan segala aspek yang dibutuhkan dan dalam pengimplementasiannya banyak sekali perubahan dan oleh karena itu pula banyak sekali profesi sebagai IT sangat dibutuhkan.




Analisa Kasus CyberCrime : Phising website palsu..

phising / website palsu pada internet banking,,

 

Penipuan atau kejahatan di internet sering sekali terjadi, tidak sedikit pula korban yang mengalami kejahatan internet ini. Salah satu yang banyak sekali mendapatkan perhatian adalah phising. Mari kita cari tahu mengapa phising bisa dilakukan dan mengapa korban bisa terjebak dalam website palsu. Phising adalah kata plesetan dari fishing atau dengan arti memancing, secara garis besar phising adalah cara untuk memancing korban agar masuk kesebuah media dan memberikan informasi-informasi atau data-data. jadi phising dilakukan untuk mendapatkan informasi atau data dari seorang penguna internet. Mengapa phising dilakukan? apa tujuan dan motif khususnya? mari kita lihat contoh phising pada internet banking bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

untuk lebih jelas bisa dilihat dengan mengklik gambar yang diatas. DIatas bisa dilihat kalau url yang digunakan adalah klik [ dot ] mandiri [ dot ] com, jelas sekali jika ini adalah website palsu jika kita lihat dan diperhatiakan memang tidak ada beda dengan website mandiri asli. data-data yang digunakan masuk dan terrecord pada website palsu ini. Semua aktifitas yang kita lakukan sama dengan website asli ( bisa transfer, check saldo, lihat transaksi dan lain-lain. Lalu bagaimana bisa website ini mengambil keuntungan dari data-data kita? Saat kita login itu sebetulnya awal hilangnya data-data kita karena user dan password akan masuk kedalam database website palsu berikut no kartu atm, kartu kredit, bahkan token ( jika anda diminta memasukan token ).

Lalu bagaimana caranya kita mengetahui benarkan website yang hendak kita tuju untuk melakukan transaksi adalah benar2 website asli. pertama kita bisa melihat dari url atau alamat yang tertera di address bar browser kita. jika kita merasa ini bukan alamat yang benar cepat tanyakan kepada customer service ( anda bisa lihat website dan pastikan dengan meminta pada pusat informasi 108 ). Jika CS telah membenarkan teruskan transaksi yang akan anda lakukan.

Ada beberapa cara untuk memastikan apakah benar yang anda lakukan pada website :

1. Perhatikan dengan baik url yang tertera, jika anda ragu-ragu hubungi customer care.

2. lihat design yang dibuat apakah benar2 website yang anda tuju?

3. Security yang dipakai oleh website phising

4. Jangan pernah anda klik url dari website lain untuk kesebuah website atau dengan katalain phising url redirection.

5. Untuk advance anda bisa gunakan beberapa tools seperti nmap, nslookup,

 

Untuk menganalisa website klik[dot]mandiri[dot]com sebagai barang bukti kejahatan di internet

1. Salah satu barang bukti yang sangat otentik ada url karena domain ada uniq dan tidak ada kesamaan pemilik. Maka kita bisa whois domain tersebut untuk mencari tahu siapa pemiliknya contoh dibawah ini.

Saya mengunakan linux dengan command :

ribhy@ribhy-desktop:~$ whois klik.mandiri.com

Registrant:

Domain Administrator

Paula Andreson

789 First Avenue

Sunnyvale CA 94087 US

hacker@domain-test.com

+1.4083493300 Fax: +1.4083493301
Domain Name: klik.mandiri.com

Kita telah mendapatkan kepemilikannya.. Siapa yang bertanggung jawab atas kejahatan tersebut.

2. Mencari server letak dan dimana .

Non-authoritative answer:klik.mandiri.com

canonical name = klik.mandiri.net.

Name: ns1.klik.mandiri.net

Address:110.138.49.61

Name: ws.klik.mandiri.net

Address: 110.138.49.61

kita telah mendapat ip adalah 110.138.49.61, kita bisa gunakan tools dari linux :

ribhy@ribhy-desktop:~$ host 110.138.49.61

61.49.138.110.in-addr.arpa domain name pointer 61.subnet110-138-49.speedy.telkom.net.id.

ribhy@ribhy-desktop:~$

 

setelah tertera disini ini adalah layanan speedy kita bisa minta data-data penguna speedy dengan subnet tersebut.

3. Lihat security yang dipakai karena ini juga bisa menjadi bukti kalau anda benar-benar memiliki data sebuah website palsu

bisa dibandingkan yang asli dengan yang palsu ini adalah bukti 3.

4. Kita bisa langsung laporkan ke yang berwajib dan hubungi customer care serta bawa bukti-bukti tersebut. Bisa dengan print screen / picture.

 

Jadi berhati-hati itu penting sebelum memakai jasa atau aplikasi transaksi online sebelum kita tahu benar kepastiannya. Mungkin kebanyakan orang karena terburu-buru jadi kurang terliti untuk hal-hal seperti ini dan apalagi yang belum pernah mengalaminya.

 

Nb : arikel ini fiksi atau karangan saja, penulis tidak menyarankan untuk semua pihak melakukan phising. Penulis juga menulis artikel ini hanya untuk membantu para pemakai internet bisa mengetahui phising dan bisa berhati-hati. Terima kasih.

 




Go Mantelapp,, Pricelistnya..

 

setelah beberapa waktu mantelapp mengeluarkan versi release dimana semua tampilan berubah menjadi baru. Dimana tempalate premium digunakan sebagai pemikat agar banyak orang tertarik. Berbagai kalangan mencoba mantelapp buatan PT. idea lounge dan respon yang didapat juga beraneka ragam. Ada beberapa pihak menyukai mantelapp karena bisa membantu dalam menyelesaikan dan membantu proses pengkordinasian project. Tetapi pihak yang tidak suka ( bukan berarti tidak suka dengan mantelapp tetapi karena kolot 😀 ) juga ada, karena perbedaan pola pikir contoh mereka masih suka mengunakan mesin ketik dibanding sebuah komputer.

Back to topik, price list atau acuan harga,  anda bisa lihat sendiri di atas, itu standar harga dan quota lalu bagaimana jika ingin lebih?? baik bisa diatur,,,

Perlu paket yang lebih besar atau fitur spesifik? hubungi kami di : hello@mantelapp.com atau (021) 798 – 6026
Bagaimana cara mendapatkan 30-hari free trial?

Anda dapat langsung mendaftar, memilih paket yang anda inginkan, dan langsung dapat menggunakan Mantel sesuai dengan fitur paket yang anda pilih tanpa harus membayar biaya apapun sampai dengan 1 bulan masa pemakaian/Free Trial. Jika anda memutuskan untuk meng-cancel paket anda sebelum masa 30 hari Free Trial berakhir maka kami tidak akan mengenakan biaya apapun kepada anda. Perhitungan masa akan mulai dihitung pada tanggal anda melakukan pendaftaran di situs kami.

Apakah 30-hari free trial berlaku untuk upgrade paket?

Penawaran 30-hari free trial tidak berlaku apabila anda melakukan upgrade paket. Penawaran 30-hari free trial hanya berlaku pada saat pertama kali anda mendaftar pada situs kami.

Apakah ada minimal kontrak penggunaan Mantel?

Tidak ada. Mantel adalah sebuah “Software as a Service” dengan konsep “Pay-as-you-go”. Tidak ada kontrak minimal/komitmen yang harus dilakukan oleh pihak anda. Anda cukup membayar pada setiap awal bulan pemakaian (pre-paid) untuk meng-aktifkan fitur paket yang anda pilih.

Apakah saya dapat melakukan upgrade/downgrade paket?

Tentu saja, anda dapat melakukan upgrade/downgrade kapan saja, tanpa harus menunggu masa billing cycle 30 hari anda berakhir. Kami akan menghitung perubahan paket tersebut secara pro-rate, dimulai pada saat paket baru anda mulai aktif. Untuk merubah paket, silahkan masuk ke menu “Account” dan pilih perubahan paket yang di kehendaki. Setelah pembayaran dilakukan dan dikonfirmasi, paket akan aktif dalam waktu kurang dari 12 jam

Bagaimana siklus penagihan terhadap akun saya?

Akun Mantel bersifat “Pre-Paid”, pembayaran dilakukan di awal bulan penggunaan setelah berakhirnya masa 30-Hari free trial. Sebelum pembayaran anda ter-konfirmasi dan paket diaktifkan, anda dapat menggunakan mantel dengan fitur standard/free.

Apakah yang dimaksud dengan meng-“Cancel” akun Mantel?

Peng-Cancel-an account berarti anda membatalkan pemesanan paket berbayar yang sebelumnya telah anda pesan. Peng-Cancel-an dapat dilakukan sebelum anda melakukan pembayaran. Anda tetap dapat menggunakan mantel dengan fitur standard/free.

Bagaimana cara saya meng-Cancel akun mantel?

Tentu saja, anda dapat melakukan upgrade/downgrade kapan saja, tanpa harus menunggu masa billing cycle 30 hari anda berakhir. Kami akan menghitung perubahan paket tersebut secara pro-rate, dimulai pada saat paket baru anda mulai aktif. Untuk merubah paket, silahkan masuk ke menu “Account” dan pilih “Cancel my Account”.




Etika dan Profesionalisme IT

Etika dan Profesional dalam berprofesi sebagai seorang informasi teknologi ( IT )

 

Sebelum untuk memulai melihat sisi etika dan profesi dari seorang system admisitrator mari kita sama-sama cari tahu apa itu etika. Kata etika itu berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang bisa diartikan sebagai jiwa ( menurut google translate ) tetapi kata etika itu dibeberapa bahan bacaan yang saya baca diartikan sebagai tata cara atau prilaku manusia untuk melakukan suatu perbuatan. Dari penggalan arti tersebut bisa kita tarik sebuat kesimpulan bahwa erika adalah suatu ilmu yang membahas bagaimana cara / prilaku manusia dapat diterima oleh pikiran menjadi sebuat perbuatan baik perbuatan baik ataupun perbuatan buruk.

Lalu bagaimana dengan pengertian profesi? profesi pasti kita semua mengetahui apa yang dimasuk dengan profesi. Profesi adalah suatu jenis pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan di bidang yang dikerjakan. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang cukup dan keterampilan untuk mendapatkan hasil dari suatu pekerjaan yang maksimal. Profesionalisme pada bidang profesi yang dilakukan oleh setiap pekerja sangat dibutuhkan terutama pada bidang infomasi teknologi. Secara umum ciri-ciri profesionalisme pada bidang informasi teknologi ( IT ) adalah :

  1. Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam bidang pekerjaan IT.
  2. Memiliki wawasan yang luas.
  3. Memiiliki kemampuan dalam analisa dan tanggap terhadap masalah yang terjadi.
  4. Mampu berkerjasama dan dapat menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan kerja
  5. Dapat menjaga kerahasian dari sebuah data dan informasi
  6. Dapat menjunjung tinggi kode etik dan displin etika.

Setalah kita mengetahui beberapa hal yang mungkin bisa mewujudkan profesionalisme sebagai seorang yang berprofesi maka kita juga terhubung secara tidak langsung dengan beberapa kebijakan dan aturan yang dibuat oleh kantor. Sebagai seorang profesionalisme maka tak boleh melanggar yang telah diundang-undangkan oleh perusahaan atau bahkan oleh negara/dunia. Contohnya seperti kita harus menjaga kekayaan intelektual sebagai cerminan dari bangsa, dan tidak boleh melakukan pengandaan ataupun bentuk dan jenisnya.